Minggu, 05 Januari 2014

BANGUN ADJI KUSUMAHADI (201110130311080)

DIGITAL FREKUENSI METER

Adalah rangkaian penghitung frekuensi. Jika sebuah pulsa digunakan untuk men trigger counter pada waktu 1 detik, maka hasil perhitungan counter merupakan frekuensi dari sinyal pulsa tersebut

Blok Diagram Digital Frekuensi Meter



Untuk Penjelasan masing-masing blok diatas, sbb :
1. Input : merupakan masukan yang diberikan pada rangkaian.Input tersebut berupa sinyal sinusoida.
2. Amplifier : pada blok ini berfungsi sebagai penguatan sinyal inputan yang diberikan
3.schmitt trigger : pada blok diagram frekuensi meter, schmitt trigger berfungsi untuk merubah sinyal sinusoida menjadi sinyal pulsa.


4. Timer : merupakan input (masukan) yang berupa clock.
5. Flip flop: merupakan rangakaian digital yang digunakan untuk menyimpan 1 bit secara semi permanane, sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan.Pada blok diagram diatas, flip flop yang digunakan merupakan J-K flip flop
6.And gate: merupakan gerbang logika yang berfungsi untuk mengalirkan 2 buah inputan dengan sebuah outputan menuju keluaran yang akan berlogika 1 jika input keduannya berlogika 1 pada blok ini inputan terdapat pada keluaran flip flop dan keluaran schmitt trigger dan kemudian lanjutakan decode counter.
7.Decode counter: merupakan penghitung data clock secara serial. pada blok ini terdapat 3 decode counter.


Cara kerja decode counter dapat dijelaskan :





1. Untuk decode counter yang pertama akan di trigger oleh keluaran dari gerbang AND, pada saat kondisi output gerbang AND berubah dari 1001 ke 0000
2. Decoder counter 2 akan di trigger oleh decoder counter 1 pada saat kondisi output decode counter 1 berubah dari 1001 ke 0000.
3.Decode counter 3 akan ditrigger oleh decode counter 2 pada saat kondisi output decode counter 2 berubah dari 1001 ke 0000



Untuk frekuensi pada setiap decode counter dapat selisih 0,5 hertz. pada input frekuensi didapat 1 khz, kemudian setelah masuk pada decode counter 1 frekuensi menjadi 100 hz. setelah itu , frekuensi berkurang hingga didapat pada decode counter 3 menjadi 1 hz.
4.D-latch : merupakan rangkaian elektronik yang mempunyai 2 kondisi stabil dan dapat menyimpan 1 bit informasi. latch hampir sama dengan flip flop.
5. Binary to seven segment decoder : merupakan pengubah keluaran decode yang berupa desimal menjadi biner yang akan dilanjutakan pada sebuah 7 segment.

Gambar Rangkaian Frekuensi Meter

Hasil Dari rangkain digital frekuensi meter adalah sbb :
 

MATUR SUWUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar