Senin, 06 Januari 2014

CHOYIN SETYO BAGUS(201110130311069)

Frekeunsi adalah jumlah getaran atau gelombang dalam jangka waktu 1 detik. Frekuensi meter yaitu suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur frekuensi sinyal/gelombang listrik.. Prinsip kerja Frekuensi meter adalah Sinyal yang akan diukur frekuensinya diubah menjadi barisan pulsa, satu pulsa untuk setiap siklus sinyal. Kemudian jumlah pulsa yang terdapat pada interval waktu tertenu dihitung dengan counter elektronik. Karena pulsa ini dari siklus sinyal yang tidak diketahui, jumlah pulsa pada counter merupakan frekuensi sinyal yang diukur. Karena counter elektronik ini sangat cepat, maka sinyal dari frekuensi tinggi dapat diketahui.

BLOK DIAGRAM FREQUENCY METER

Fungsi setiap bagian
@Input = masukan sinyal yang diberikan kepada rangkain.
@Amplifier = rangkaian komponen elektronika yang dipakai untuk menguatkan daya (atau tenaga secara umum). Dalam hal ini yang dikuatkan adalah sinyal dari input.










Gambar Op-Amp





@Schmitt Trigger = Schmitt trigger merupakan salah satu multivibrator astable. Multivibrator astabil adalahsuatu rangkaian yang mempunyai dua state dan yang berosilasi secara kontinu guna menghasilkan bentuk gelombang persegi atau pulsa di outputnya. Pada multivibrator astabil, outputnya tidak stabil pada setiap state, tapi akan berubah secara kontinu dari 0 ke 1 dan dari 1 ke 0


            Gambar simulasi Schmitt Trigger








Gambar Rangkaian Schmitt Trigger










Gambar IC 74HC14 Schmitt Trigger



@Timer =Merupakan input (masukan) yang yang berupa clock.

·         Flip- Flop (Multivibrator Bistabil) yaitu mltivibrator yang memiliki output dengan dua keadaan stabil.Output rangkaian akan lompat ke satu kondisi (Flip) saat dipicu dan bergeser kembali ke kondisi lain(Flop) jika dipicu dengan pulsa Trigger berikutnya.Pada rangkaian ini Flip-Flop yang digunakan adalah JK Flip-Flop.  J dan K berkondisi 1, sehingga keluarannya akan berupa toogel atau berubah ubah kondisi dari 0 ke 1 dan sebaliknya saat kondisi clock berubah kondisi dari 0 ke 1. Keluaran Q dari JK flip flop di hubungkan ke masukan AND yang kedua.
·         And Gate adalah Gerbang logika yang akan menghasilkan output berlogika high(1) jika semua input  berlogika high(1),dan akan menghasilkan output berlogika low(0) jika salah satu input berlogika low(0).Dilambangkan dengan logika dot(.)atau perkalian

A
B
F=AB
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1

Tabel Kebenaran Gerbang And

·         Decade Counter

Decade Counter 2 akan ditrigger oleh Decade counter 1 pada saat kondisi output decade counter 1 berubah dari 1001 ke 0000
Decade Counter 3 akan ditrigger oleh Decade counter 2 pada saat kondisi output decade counter 2 berubah dari 1001 ke 0000
Untuk frequensi pada setiap decade counter terdapat selisih 1/10 Hz. Pada input Frequensi didapat 1kHz, kemudian setelah masuk pada Decade counter1 frequensi menjadi 100Hz. Setelah itu, Frequensi berkurang hingga didapat pada decade counter 3 menjdi 1HZ.

.









@Gerbang D-Latch adalah D flip-flop merupakan modifikasi dari RS flip-flop memakai clock. Input D disalurkan secara langsung ke S.


























@Decoder adalah alat yang di gunakan untuk dapat mengembalikan proses encoding sehingga kita dapat melihat atau menerima informasi aslinya. Pengertian Decoder juga dapat di artikan sebagai rangkaian logika yang di tugaskan untuk menerima input input biner dan mengaktifkan salah satu outputnya sesuai dengan urutan biner tersebut. Kebalikan dari decoder adalah encoder.
Fungsi Decoder adalah untuk memudahkan kita dalam menyalakan seven segmen. Itu lah sebabnya kita menggunakan decoder agar dapat dengan cepat menyalakan seven segmen. Output dari decoder maksimum adalah 2n. Jadi dapat kita bentuk n-to-2n decoder. Jika kita ingin merangkaian decoder dapat kita buat dengan 3-to-8 decoder menggunakan 2-to-4 decoder. Sehingga kita dapat membuat 4-to-16 decoder dengan menggunakan dua buah 3-to-8 decoder.
Binary to 7 segment decoder  merupakan pengubah keluaran decoder yang berupa decimal menjadi Biner yang akan dilanjutkan pada sebuah 7-segmen.
@7segmen = Seven Segment adalah suatu segmen-segmen yang digunakan menampilkan angka. Seven segment ini tersusun atas 7 batang led yang disusun membentuk angka 8 dengan menggunakan huruf a s/d g yang disebut dot matrix. Setiap segmen ini terdiri dari 1 atau 2 Light Emitting Diode ( LED ). Seven Segment merupakan gabungan dari 7 buah LED (Light Emitting Diode) yang dirangkaikan membentuk suatu tampilan angka.



Dalam kasus ini rangkaian diaplikasikan dalam program Proteus
Rangkaian ini menggunakan beberapa komponen yaitu :
ü  IC 74LS 90 yang berfungsi sebagai counter atau penghitung dalam rangkaian, IC ini hanya dapat menghitung dari 0 sampai dengan 9.
ü  IC 74LS 47 merupakan dekoder BCD ke seven segment yang berfungsi untuk menyalakan sevent segment mode common anode
ü  IC 74LS171 merupakan IC yang didalamnya terdapat D-Latch
ü  IC 74LS107  merupakan ic yang didalamnya terdapat JK Flip-Flop
ü  IC 74HC14 merupakan IC yang terdapat rangkaian D-Ltch
ü  Oscillator adalah alat yang digunakan untuk mengetahui hasil outputan dalam suatu rangkaian frekuensi meter berupa inyal pulsa.
ü  Seven Segment merupakan salah satu perangkat layar untuk menampilkan sistem angka decimal.
ü  Gerbang And adalah Gerbang logika yang akan menghasilkan output berlogika high(1) jika semua input  berlogika high(1),dan akan menghasilkan output berlogika low(0) jika salah satu input berlogika low(0).
Prinsip Kerja
·         Sinyal yang akan diukur frekuensinya diubah menjadi barisan pulsa,satu pulsa untuk setiap siklus sinyal.kemudian jumlah pulsa yang terdapat pada interval waktu tertentu dihitung dengan counter elektronik.Karena pulsa ini dari siklus sinyal yang tidak diketahui,jumlah pulsa pada counter merupakan frekuensi sinyal yang diukur.Karena counter elektronik ini sangat cepat,maka sinyal dari frekuensi tinggi dapat diketahui.Sinyal diperkuat sebelum masuk Schmitt Trigger lalu diubah menjadi gelombang kotak dengan pulsa,satu pulsa untuk setiap siklus sinyal. Pulsa keluaran Schmitt Trigger masuk ke gerbang start-stop. Bila gerbang terbuka (start), pulsa input melalui gerbang ini dan mulai dihitung oleh counter elektronik.Begitupun sebaliknya bila gerbang tertutup. Time base terdiri dari osilator kristal dengan frekuensi tetap, schmit trigger, dan pembagi frekuensi. Output dari osilator frekuensi konstan masuk ke Schmitt Trigger start dan stop. Bila interval waktu ini diketahui, kecepatan dan frekuensi pulsa sinyal input dapat diketahui. Interval waktu antara pulsa-pulsa ini adalah time base dan dapat dipilih dengan switch selektor (switch pemilih). Pernyataan simbolik dari rangkaian flip-flop (FF),  Flip-flop berfungsi sebagai gerbang start dan stop dan ini adalah rangkaian multivibrator bistable dan mempunyai dua keadaan seimbang. J dan K berkondisi 1, sehingga keluarannya akan berupa toogel atau berubah ubah kondisi dari 0 ke 1 dan sebaliknya saat kondisi clock berubah kondisi dari 0 ke 1. Keluaran Q dari JK flip flop di hubungkan ke masukan AND yang kedua. tegangan positif diberikan pada salah satu terminal input, gerbang terbuka dan tetap terbuka selama tegangan positif tetap pada input tersebut. Outputan dari gerbang AND digunakan untuk input dari decade counter yang pertama output dari decade pertama sebagai inputan dari decade ke dua dan output ke dua sebagai input dari decade counter ke tiga. masukan dari decade counter yang pertama yang memiliki frekuensi 1 khz, akan berubah menjadi 1/10 nya pada rangkaian decade, kemudian output dari Decade counter di paralel dengan D Latch sehingga sinyal dari Dlatch akan di kombinasikan dengan klock dari  inputan flip flop Q not counter yang kedua, dan seterusnya apabila terdapat rangkaian decade counter lagi lalu dari Outputan kombinasi antara Klock dari JK flip Flop dan Dlatch digunakan sebagai inputan dari driver BCD untuk menampilkan ke seven segment agar mempermudah untuk melihat berapa frekuensi yang dihasilkan dari rangkaian. Digital Frequency Meter. Dalam rangkaian ini frekuensi yang terhitung adalah 69Hz.


1 komentar: